About

Kata Antiokhia berasal dari nama sebuah kota di Asia Kecil di mana Gereja Perdana lahir. Jadi gerakan Antiokhia ini mengambil teladan Gereja Perdana. Week End adalah ujung tombak penyebaran dan pembinaan untuk kaum muda supaya mau membuka dan membekali diri dengan bekal rohani yang mendalam untuk menjadi garam dan terang dunia. Antiokhia merupakan kelompok kategorial berbasis paroki yang mengambil bagian dalam pelayanan gereja lewat gerakan pembinaan iman dan kepribadian kaum muda. Antiokhia bertujuan membantu kaum muda gereja dalam mengembangkan kasih Yesus dan gereja-Nya melalui suatu persekutuan yang sesuai dengan keberadaannya sebagai kaum muda.

Kekuatan Antiokhia terdapat dalam sharing yang jarang ditemukan dalam persekutuan lain. Dalam sharing dan membuka diri, kita dapat memperkaya orang lain dan membina persaudaraan yang lebih erat. Sharing di sini dilakukan dalam berbagai cara, seperti presentasi, sharing kelompok, BPS (bagaimana perasaan saya), maupun palancas (surat cinta).

Program Antiokhia mulai dikembangkan pada tahun 1960 di Universitas Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat, untuk pembinaan remaja dan mahasiswa. Tahun 1973, program ini disesuaikan bagi remaja-remaja SMU dan bersifat parokial oleh pasutri Gerry dan Mary Mandry. Kemudian berkembang ke Eropa, Asia, dan Australia. Di Australia dikembangkan oleh pasutri Ron dan Marvis Pirolla, pada tahun 1981 di Paroki Maronbra Bay, Sydney, kemudian berkembang ke New Zealand, Fiji, Papua Nugini, dan Filipina.

Masuknya Antiokhia ke Indonesia pada tahun 1986, tepatnya pada Week End Perdana tanggal 10-12 Juli oleh Pastor Peter Stoll OMI. Komunitas ini telah berkembang ke paroki-paroki di berbagai kota di Pulau Jawa, antara lain Jakarta, Bandung, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Saat ini Antiokhia memiliki koordinator nasional (koornas), yang membawahi 4 distrik. Pada distrik Jakarta, Antiokhia terbentuk di 11 paroki, yaitu Trinitas, MBK, MKK, Kristoforus, BHK, Blok Q, Sunter, Santo Yakobus Gading, Bonaventura, BSD, dan Laurensius Alam Sutera.

Related Articles :

 

Koordinator Distrik Jakarta

Koordinator Antiokhia Distrik Jakarta periode 2015-2017 digawangi oleh Reinardus Dharma dan Jennifer Gani. Tim distrik saat ini terisi oleh antiokhers yang penuh semangat, meski begitu, pintu masih sangat terbuka lebar untuk kalian yang mau turut melayani bersama kami di Tim Distrik sekarang. Kami masih sangat mengharapkan kalian bergabung untuk mengembangkan cinta dan kasih di dalam Antiokhia.


Reinardus DharmaReinardus Dharma
Tergabung di Antiokhia sejak WeekEnd 10 MKK (2009) lalu bersama teman-teman antiokhers BSD mulai merintis WeekEnd di paroki St. Monika (BSD) setahun setelahnya (2010).  Pada tahun 2012 menjadi Koordinator paroki Antiokhia St. Monika hingga tahun 2014. Mulai tergabung menjadi pengurus Antiokhia Distrik Jakarta sejak 2011 hingga sekarang. Ia sangat senang melakukan pelayanan di ladang tuhan, terutama di Antiokhia. Saat ini masih berkuliah di Atma Jaya.


Jennifer GaniJennifer Gani
Mulai bergabung di keluarga besar Antiokhia sejak Weekend ke 24 paroki MBK (2012). Dan sejak itu mengagumi sekali rasa kekeluargaan yang ada di dalam Antiokhia. Sempat menjadi Tim WEA ke 25-27. Kesibukan saat ini adalah menuntut ilmu di Universitas Pelita Harapan.

.

What is Antiokhia?

Kata Antiokhia berasal dari nama sebuah kota di ASia Kecil di mana Gereja Perdana lahir. Jadi gerakan Antiokhia ini mengambil teladan Gereja Perdana. Week End adalah ujung tombak penyebaran dan pembinaan untuk kaum muda supaya mau membuka dan membekali diri dengan bekal rohani yang mendalam untuk menjadi garam dan terang dunia. Antiokhia merupakan kelompok kategorial berbasis paroki yang mengambil bagian dalam pelayanan gereja lewat gerakan pembinaan iman dan kepribadian kaum muda. [readmore]

.