Baksos Antiokhia MKK "Ayo Bersama Melayani"

“AYO BAKSOS 2016”, kegiatan bakti sosial Antiokhia MKK telah terlaksana pada Sabtu, 6 Agustus 2016 di Panti Jompo Yayasan Bina Bhakti, Kampung Curug, Tangerang. Kegiatan bakti sosial tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika biasanya kami berkunjung ke panti asuhan, tahun ini kami memilih untuk mengunjungi panti jompo.  Kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh 40 peserta dan sekitar 80 orang warga Panti Jompo Yayasan Bina Bhakti.

Dengan nama kegiatan yang terkesan persuasif, yaitu “AYO BAKSOS 2016”, Antiokhia MKK ingin mengajak muda-mudi katolik untuk mau bermurah hati dan meluangkan waktu untuk menolong sesama yang membutuhkan. Dari kegiatan ini pula, diharapkan para peserta dapat secara nyata membagikan keceriaan kepada warga panti jompo.

Acara dimulai pukul 12.30, diawali dengan lagu sambutan untuk menyambut para peserta dan opa-oma saat memasuki aula tempat berkegiatan. Kemudian langsung dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak panti jompo yaitu Ibu Anyus, dan juga kata sambutan dari koordinator acara yaitu Thao dan Chika. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagai kegiata seperti bernyanyi, bermain games, pembagian bingkisan, dan foto bersama. Ternyata dibalik fisik yang terlihat tua, masih tersisa jiwa muda yang penuh semangat dari opa-oma. Mereka dengan ceria mengikuti acara, bahkan banyak dari opa-oma yang berani maju ke depan panggung untuk ikut mengisi acara, seperti dengan bernyanyi, bermain gitar, ataupun memberi tebak-tebakan. Setelah kira-kira 2 jam lamanya berkegiatan bersama, kami menutup acara dengan pemberian plakat dan bingkisan. Kemudian dilanjutkan acara makan snack dan ngobrol bersama di ruang makan.

Sumbangan yang diperoleh panitia bakti sosial tahun ini yaitu sebesar Rp 7.160.000,00. Dari total dana tersebut, sebesar 2 juta rupiah disumbangkan secara tunai kepada pihak panti, sedangkan sisanya diberikan dalam bentuk barang seperti bedak caladine, minyak kayu putih, handuk kecil, beras, kopi, gula, snack, susu, dan lain-lain.

Tak terasa kegiatan AYO BAKSOS 2016 hari itu pun telah selesai. Dapat dikatakan tujuan dari diadakannya acara ini telah terwujud secara nyata. “Tersentuh ngeliat opa-omanya, ternyata dibalik senyum dan tawa mereka selama acara, ada badai besar yang pernah mereka hadapi. Tapi yang paling bikin gua tersentuh ketika mereka udah melewati begitu banyak jatuh-bangun dalam hidupnya, tapi mereka masih percaya sama Tuhan. Padahal kalo diliat di kehidupan nyata, ketika seseorang dikasi cobaan sedikit terkadang langsung goyah imannya”, tutur Anmaria Lienny, salah satu peserta AYO BAKSOS 2016.

Sebagai koordinator, kami Thao-Chika, ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi teman-teman semua. “Berbahagialah mereka yang murah hatinya, karena mereka akan memperoleh kemurahan” (bdk. Mat 5: 7).


blog comments powered by Disqus