Liputan Antiokhia Reborn

Pada tanggal 9-10 Juli 2016, di Wisma Samadi Klender, Antiokhia Distrik Jakarta menyelenggarakan acara pembekalan dengan tema Reborn. Tema ini sengaja diambil sebagai wujud kelahiran kembali Antiokhia setelah 30 tahun berjalan sebagai program pembinaan rohani remaja di berbagai Paroki, tidak hanya tersebar di Jakarta, namun juga seluruh Indonesia. Acara Reborn ini dipimpin oleh Ingram Lumanta dan Yofie Setiawan selaku Koordinator Acara, dan didukung oleh rekan-rekan Antiokhers yang sangat mencintai Antiokhia ini. Acara Reborn yang dibimbing oleh Romo Peter Subagyo, yang juga merupakan Romo yang pertama memperkenalkan Antiokhia di Indonesia pada tahun 1986, juga dihadiri oleh Romo Basir, Romo Reynold, dan Romo Andang selaku Romo Pembimbing Kategorial KAJ. Turut menghadiri acara ini ada 7 Paroki di Jakarta, yaitu Trinitas, MBK, MKK, St. Yakobus, St. Bonaventura, St. Monika, dan St. Laurensius. Sementara dari luar Jakarta ada teman-teman dari Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Cilacap, Cirebon, dan Tarakan.

Rangkuman Penting

1. Kita menyepakati bahwa Reborn adalah PerNas ke VI.
2. Kita menyepakati bahwa Distrik Jakarta menerima tugas dari KoorNas. Untuk tidak membebani Distrik Jakarta, diusulkan Distrik Jakarta menjadi pusat informasi dan koordinasi Antiokhia di Indonesia. Distrik Antiokhia mengikuti struktur keuskupan masing-masing regional.
3. Menyepakati bahwa Antiokhia merupakan Program Pembinaan Rohani dan Kaderisasi Remaja Katolik di Gereja.
4. Jangan hanya mencari kesenangan, tapi juga siap untuk ditantang (dicangkul), supaya bertumbuh dan berbuah. Matius 13:1-9
5. Regenerasi. Dalam tingkat Paroki dan Distrik perlu melaksanakan dan memperhatikan regenerasi tim, koordinator paroki, dan Papi Mami. Supaya selalu ada generasi baru yang diberi kesempatan untuk melayani.
6. Pembinaan. Komunikasi antara Antiokhers, Papi Mami, serta Romo Paroki (Rohaniwan) perlu selalu dibina.
7. Pengembangan. Perlu mencari peluang untuk mengundang Paroki baru supaya buah Antiokhia dapat dinikmati lebih banyak Paroki lainnya.

Facebook Photo Album